Macam-macam Pola Tapak (Tread Pattern) Pada Ban. Wheel atau roda terdiri dari pelek (rim) dan ban (tire). Pelek berfungsi untuk menahan beban vertikal dan horizontal, beban pengereman dan beban-beban lainnya yang tertumpu pada ban. Sedangkan tire atau ban berfungsi untuk menopang seluruh berat kendaraan, bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan serta menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata. Ban dipasangkan pada pelek roda.
Salah
satu bagian dari ban adalah tread, tread ini merupakan lapisan karet luar yang
melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh
permukaan jalan. Tread pada ban radial dengan yang terdapat pada ban bias
adalah berbeda, untuk melihat perbedaannya
Lanjut
ke menu utama,kalau kita perhatikan, ban mobil atau juga ban sepeda motor pasti
memiliki pola pada bagian terluarnya atau yang disebut tread ban. Pola tersebut
juga yang menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli ban. Ada berbagai jenis
atau beberapa macam pola tread ban yang masing-masingnya memiliki fungsi serta
tujuan sendiri. Sehingga dengan ini dapat kita pahami bahwa pabrik ban membuat
pola terluar ban atau tread ban tersebut tidak sembarangan alias tanpa tujuan.
Akan tetapi semua jenis pola tapak ban atau tread ban tersebut dibuat karena
tujuan fungsionalitas.
Adapaun tujuan lain dari tread ban
dengan berbagai macam pola adalah untuk membuang air yang dilewati oleh ban,
dan juga menanggulangi berbagai faktor yang muncul karena kondisi permukaan
jalan serta jenis kendaraan yang menggunakannya.
Berikut ini jenis-jenis atau
macam-macam pola tread ban serta fungsinya :
Tread Ban Pola Rib
Ban dengan tapak atau trad berpola rib
memiliki beberapa alur zig-zag pararel yang mengelilingi ban. Tread ban pola
rib ini sangat cocok digunakan untuk berjalan di jalan yang permukaannya rata
pada kecepatan tinggi (highway) bagi beberapa jenis mobil, dari mobil penumpang
kecil sampai bus atau truk.
Karakteristik Tread Ban Pola Rib
Ban dengan pola tread rib memiliki
tahanan gelinding (rolling resistance) yang kecil bagi ban, side slipping
resistance lebih besar sehingga kendaraan akan lebih mudah untuk
dikendalikan. Suara yang ditimbulkan oleh ban juga kecil. Namun tenaga tariknya
kurang baik jika dibandingkan ban dengan tread ban pola lug.
Tread Ban Pola Lug
Ban yang memiliki pola tread jenis Lug
memiliki alur yang tegak lurus terhadap garis keliling ban. Tread ban pola lug
ini banyak dipakai oleh ban pada mesin konstruksi dan truk. Ban dengan pola
tread Lug sangat cocok digunakan untuk berjalan pada jalan yang tidak rata dan
juga lunak (jalan tanah).
Karakteristik Tread Ban Pola Lug
Ban dengan jenis pola tread lug
mempunyai tenaga yang baik, tahanan gelinding (rolling resistence) ban
cukup tinggi, kemudian tahanan terhadap side slipping lebih kecil, tread pada
lug lebih mudah aus dan tidak merata keausannya. Suara ban yang ditimbulkan
pada pola tread jenis lug ini juga besar.
Tread Ban Pola Rib dan Lug
Pola rib dan lug adalah pola tread ban
gabungan dari pola rib dan pola lug, tujuannya adalah untuk memperbaiki
kestabilan pengemudian. Ban dengan pola rib dan lug ini banyak dipakai pada ban
bus dan truk, pola ban jenis rib dan lug cocok digunakan untuk berkendara pada
jalan yang rata maupun jalan tidak rata misalnya jalan berbatu atau berpasir.
Karakteristik Tread Ban Pola Rib dan
Lug
Pola rib yang melingkar di sekeliling
ban menstabilkan kendaraan dengan mengurangi kemungkinan side slipping,
sedangkan pola lug yang ada di tepi ban berfungsi untuk memperbaiki kemampuan
pengendaraan dan pengereman. Bagian lug pada pola tread ini lebih mudah aus
dengan tidak merata.
Tread Ban Pola Blok
Tread ban dengan pola blok yang berdiri
sendiri atau bebas. Ban dengan pola blok banyak digunakan pada ban-ban yang
melewati jalanan bersalju, saat ini ban dengan pola blok juga banyak dipakai
pada ban radial ply untuk mobil-mobil penumpang.
Karakteristik Pola Tread Ban Blok
Ban dengan tread pola blok memiliki
kemampuan pengendaraan dan pengereman yang lebih baik, dapat mengurangi slipping
dan skidding pada jalan yang tertutup lumpur atau bersalju. Ban dengan
pola blok cenderung lebih cepat aus jika dibandingkan tread ban jenis pola rib
dan lug, rolling resistence juga sedikit lebih besar. Ban pola blok ini
lebih cepat aus tidak beraturan pada permukaan jalan yang keras.
sumber :
0 Response to "Jenis-Jenis Pola Tread Ban Dan Fungsinya"
Post a Comment